Hell to the O drunker!
Kali ini mau sedikit membahas tentang perbedaan reggae dan rasta...
Dah tau kan apa itu reggae? Buat yang belum tau reggae itu apaan boleh buka tab baru dlu deh cari jawabannya di google... Haha

Okey, terkadang yang sering kita dengar di lingkungan sekitar kita bahkan dinegara kita ini bahwa reggae adalah rasta begitupun sebaliknya. Terkadang ketika kita mendengarkan atau menyukai lagu reggae orang2 akan menyebut kita anak rasta atau apalah itu sebutannya... Itu karena begitu melekatnya pendapat orang kalau reggae dan rasta adalah sebuah hal yang sama. Padahal kalo kita telusuri dan mencari tahu sejarah dan makna dari reggae dan rasta kita pasti tau lah bedanya. Dimana menurut Ras Muhammad Reggae adalah sebua aliran musik sedangkan Rasta adalah sebuah jalan hidup atau way of life.

Orang yang bilang kalo reggae dan rasta itu sama cuma orang yang berpikiran dangkal dan gak tau apa2 soal rasta alias sotoy haha...
Reggae adalah sebuah aliran musik yang dibawa ama om Bob Marley bersama bandnya The Wailers, yang dimana Bob Marley sendiri adalah seorang penganut Rastafarian.

Rasta atau rasta adalah jalan hidup atau pemahaman yang mengajarkan tentang perdamaian, dan anti kekerasan. Orang yang mengikuti pemahaman tersebut dinamakan Rastafarian. Nama rasta sendiri diambil dari nama raja ethiopia Ras Tafari Makkonen atau Haile Selessei yang kemudian oleh rastafarian disebut sebagai Jah (tuhan). Kenapa Ras Tafari bisa di Tuhankan oleh para pengikutnya? Karena sebelumnya ada seorang pastur bernama Marcus Garvey yang meramalkan kalo tuhan akan turun ke bumi dan berwujud manusia untuk memimpin mereka menuju kedamaian. Nah kemudian muncullah sosok Ras Tafari yang menentang penjajahan bangsa kulit putih atas kulit hitam. Sehingga para pengikutnya kemudian berpendapat bahwa dia adalah tuhan yang diramalkan.

Sekarang kita bahas soal gimbal yang dimana sebagian besar pengikut rastafari adalah rambut gimbal meskipun nggak semuanya. Bagi rastafarian itu merupakan sebuah sumpah yang berpedoman ke kitab injil soal mencukur rambut. Gimbal juga menjadi identitas rastafarian agar mereka tidak lupa diri mereka dan tetap mengingat Jah(tuhan) mereka.

Rasta dan Reggae juga sangat sering diidentikkan sebagai pemakai ganja. Pada dasarnya rastafarian menggunakan ganja untuk sembahyang karna katanya ganja bisa menenangkan diri mereka dan bisa membuat perasaannya menjadi damai sehingga mereka menggunakan ganja untuk sembahyang agar mereka lebih khusyuk. Pengikut rastafarian pasti menggunakan ganja tapi gak semua pemakai ganja adalah seorang rastafarian. Biasanya sih kalo pemakai ganja itu abis bakar ganja mereka dengerin lagu reggae krna pembawaannya tenang dan cinta damai. Dari situ pemakai ganja jdi suka ama aliran musik reggae krna menurut mereka keadaan giting itu cocok ama musik kayak gitu. Kalo kayak gitu berarti sifatnya emang alamiah beda ama orang yang suka musik reggae trus ikut2an ngisap ganja, itu namanya sok keren.

Hhmmm... Sekarang merah, kuning, hijau...
Merah kuning hijau dalam rasta juga ada maknanya bukan melambangkan lampu lalu lintas yah drunker...
Merah melambangkan darah bangsa afrika
Kuning melambangkan matahari yang menghidupi semua dan juga dilambang sebagai emas yang hilang
Hijau melambang daratan afrika yang subur

Jadi sekarang intinya jelas apa perbedaan reggae ama rasta...
Itu diibaratkan saudara tetap punya perbedaan meskipun lahir dari rahim yang sama. Dan menurut gw orang yang mengaku dirinya pengikut rastafarian di Indonesia belum bisa dipastikan kalo dia benar2 pengikut rastafarian. Krna rastafarian yang asli adalah keturunan asli afrika dan harus melakukan ritual rutin rastafarian.

Dah segitu aja ah ini aja ngetiknya capek hahaha
Ngantukkk hooooooaaaaaaaaaaaa
See you drunker!

5 komentar:

  1. Jadi ingat sama Lagunya Kang Bob Marley "No woman No Cry"..
    Walaupun aku ini "a woman", tapi aku suka lagu itu.. :))

    BalasHapus
  2. Iya saya juga suka dengerin lagunya sis

    BalasHapus
  3. wah ane penggemar berat bob marley, ane suka lagu lagu reggae nya gan..! :top

    BalasHapus
  4. trus apa hubungannya reggae, rastafara n vespa. kenapa vespa identik dengan musik reggae??

    BalasHapus