Beberapa hari ini gw susah banget kalo mau tidur diatas jam 12 malam, biasanya sih jam 9 udah ngantuk tapi kalo tidur jam segitu gw kebangun lagi jam 1 malam atau jam 2 malam. Kalo kata orang2 gw kena insomnia atau penyakit susah tidur malam. Buat drunker yang punya nasib sama kyak gw silahkan baca postingan ini sampe abis. Buat yang gak kena insomnia alias tidurnya nyaman2 aja gw saranin ikut baca juga mungkin aja besok lo juga kena insomnia hahahaha

Pertama, lo harus tau dulu penyebab insomnia lo apaan, menurut yang gw baca penyebab insomnia ada banyak trus yang paling sering membuat orang terkena insomnia bisa diliat dibawah ini :

1. Pola tidur yang tidak konsisten. Untuk kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pergi tidur dan bangun pada kira-kira waktu yang sama setiap hari. Banyak orang memiliki kecenderungan untuk terjaga sampai sangat larut dan bangun sangat terlambat pada hari-hari mereka libur, ini yang mengganggu pola tidur yg normal.

2. Makan makanan berat terlalu dekat dengan waktu tidur. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyelesaikan proses pencernaan, dan jika Anda makan malam Anda terlalu dekat dengan waktu tidur Anda akan mengalami kesulitan tidur. Sementara jadwal kerja kadang-kadang dapat mempengaruhi proses ini, terutama mereka yang dapat bekerja baik full-time dan bekerja paruh-waktu tanpa istirahat di antara, makan terlambat pasti akan memiliki efek yang merugikan pada kemampuan Anda untuk tertidur.

3. Tidur lapar. Ini adalah sesuatu yang banyak orang berusaha untuk dilakukan, terutama ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan, dan merupakan salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kualitas tidur. Banyak orang membaca saran dari bintang-bintang yang mengatakan bahwa mereka tidak makan setelah 6 pm dan pikir ini adalah solusi sempurna. Alih-alih mencoba untuk tidur lapar dan tidak bisa tidur, cobalah memiliki energi makanan kecil tinggi. Serotonin diyakini menjadi bantuan tidur alam dan hadir dalam produk cokelat banyak-Anda tidak harus mengorbankan diet Anda tetapi memiliki secangkir kecil puding gula coklat gratis atau gula coklat panas gratis.

4.Menunggu selelah mungkin baru tidur. Meskipun kelihatannya masuk akal untuk menunggu sampai Anda lelah untuk pergi tidur, Anda tidak sabar untuk menunggu sampai Anda benar-benar capek atau Anda akan mengalami kesulitan tidur.

5. Terlalu banyak tidur. Hal klasik ini bisa dilihat jika anak-anak suka tidur siang hari, malam harinya kebanyakan susah tidur. Hal tersebut juga bisa terjadi pada orang dewasa. Tubuh kita memerlukan waktu tertentu untuk beristirahat. Jika terlalu lama kita dalam kondisi istirahat, lecutan syaraf untuk memulai impuls syaraf juga lambat reaksi nya, sehingga otot juga lama reaksinya terhadap aktifitas motorik. Hal itu bisa menjelaskan kenapa jika orang kbanyakan tidur malah malas2an. Saat malam mereka baru "panas mesinnya" sehingga justru ingin beraktifitas.

6. Merokok . Nicotine pada rokok adalah substansi yang bertanggung jawab terjadinya insomnia pada beberapa perokok. Nikotin merangsang jantung berdetak lebih cepat. Nadi lebih kencang, karena aliran darah ke otak juga terisi lebih cepat. Rasa lelah/kantuk hilang. Dan tubunh menganggap dirinya masi terjaga/bekerja

7. Berlebihan kafein Konsumsi kafein telah dikaitkan dengan gangguan tidur, termasuk insomnia, karena efek fisiologis saja. Meskipun insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor lain seperti masalah kejiwaan,, stres obat-obatan atau alkohol, kurang olahraga, kebisingan yang berlebihan atau cahaya, dan penyakit fisik tertentu, telah ditemukan bahwa konsumsi kafein adalah penyebab paling umum dari gangguan tidur .

Kafein dikenal secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal dan juga dapat menjadi penyebab infeksi ginjal dan / atau infeksi kencing. Infeksi ini juga dapat mengganggu siklus tidur normal atau menyebabkan kesulitan tidur. Anda juga mungkin harus bangun beberapa kali di malam hari untuk mengosongkan kandung kemih Anda yang akan menyebabkan gangguan siklus tidur REM Anda yang pada gilirannya akan akan membuat Anda merasa lelah ketika Anda bangun di pagi hari. Obat utama untuk masalah ini adalah baik untuk mengurangi/stop konsumsi kafein Anda. Cobalah beralih ke minuman lain yang bebas kafein. Akan lebih baik minum segelas air putih sebelum tidur untuk fungsi ginjal yang baik.


8. Suhu ruangan/badan terlalu panas atau terlalu dingin . Suhu tubuh bervariasi antara individu antara 97,2 - 100F (36.2-37.8C). Lingkungan, apa yang kita makan, bagaimana kita merasa dan seberapa aktif kita semua faktor yang juga mempengaruhi tidur kita. Ada perubahan suhu tubuh pada siang hari dengan suhu terendah di pagi hari.
Hipotalamus di otak mengatur suhu tubuh dan darah dikirim ke kulit dan tubuh berkeringat ketika terlalu panas. Menjadi terlalu panas atau terlalu dingin pada malam hari akan merangsang otak, sehingga masuk akal untuk mencoba dan mengatur suhu badan untuk tidur nyenyak di malam hari.

Terlalu dingin juga akan mempengaruhi bagaimana mudahnya Anda tertidur dan kualitas tidur. Cahaya, pakaian hangat dapat membantu Anda tetap hangat dan dapat dimatikan lampu jika Anda menjadi terlalu panas.

9. Ketidakmampuan untuk bersantai setelah pergi ke tempat tidur . Banyak orang membawa masalah pekerjaan, atau masalah keseharian ketika dia beranjak tidur. Problematika hidup, susah senang, masa depan dan penyesalan sering dibawa ke tempat tidur. Hal ini akan mempersulit tubuh merasakan rileks dan memulai untuk tidur nyaman. Sebaiknya Anda melupakan masalah hidup anda sejenak agar tidur bisa cepat dimulai.

10. Kurangnya latihan. Walaupun anda tidak ingin melakukan terlalu banyak dekat dengan waktu tidur, sedikit latihan ringan dapat aktual bersantai Anda dan membantu Anda tertidur. Hal ini dapat sesuatu yang ringan sebagai hanya mengambil sepuluh atau lima belas menit berjalan di luar.

Copas dari indowebster
**************************************************************

Nah cari deh kira2 apa yang bikin lo sampe kena insomnia...
Kalo udah tau penyebabnya apa, mulai sekarang hindari kalo emang lo mau ngerasain nikmatnya bercumbu ama guling dimalam hari wkwkwkwkwk
Sekarang gw kasi tau cara asyik nyembuhinnya...

Pake madu, ternyata madu bisa nyembuhin insomnia... Caranya :
Campurin dua sendok madu kedalam teh hangat atau susu hangat, selain bisa ningkatin kualitas tidur, madu juga nambah kenikmatan teh hangat atau susu yang lo minum... Kalo udah dicampurin minum sampe abis lalu coba deh buat tidur...

Makan pisang, nah yang tadi kan madu dicampurin ke teh hangat atau susu... Sekarang gw kasi temannya hehe jadiin pisang sebagai kawan dari teh madu atau susu madu tadi, jadi sambil minum teh atau susu madu lo makan pisang, soalnya kandungan magnesium pada pisang bisa membuat oto jdi lebih rileks...

Kentang, kalo gak suka pisang kentang boleh juga tuh nemenin lo minum teh madu sebelum tidur... Kalo mau lebih enak lagi bikin kentang goreng, Soalnya kentang bisa membersihkan saluran pencernaan dari asam yang menganggu...

Gimana berhasil gak?, kalo gak berhasil lo coba beli chivas regal sebotol trus lo minum sampe habis sendirian, ntar juga ketiduran sendiri wkwkwkwkwk
Oke sampai disini...

#hellBYE

3 komentar:

  1. ia gan ..aku malah sebaliknya...gampang banget tidur..terkadang jd kendala juga, kalo pas lag mao begadang..apa itu termasuk penyakit ya gan..?

    BalasHapus
  2. @indonesiaku:
    Setau ane emang ada yang kayak gitu gan, jdi kita terlalu mudah terlelap dimana aja gk peduli lagi dalam posisi gimana, ane pernah baca tapi lupa namanya apa, :bingung

    BalasHapus
  3. siangku adalah malamku dan malamku menjadi siangku.
    anak kelelawar julukanku... he he he... penyakit lama gw itu gan, skrg susah ngilanginya... tp gk pa2 biar insomnia yang penting masih sehat... thanks nais inpo.

    BalasHapus